Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa

Rapat Konsolidasi Satuan Tugas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri

Rapat Konsolidasi Satuan Tugas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri
#KemenkoPolhukam #Kamtibmas

Kamtibmas, Jakarta. Pada Senin, 12 Agustus 2019, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Kemenko Pulhukam bertempat di Ruang Rapat Nakula Kemenko Polhukam. Rapat dipimpin oleh Deputi V Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam dan dihadiri Ketua Harian Satgas, Kelompok Ahli, Perwakilan Subsatgas Bidang Penemuan dan Pendataan, Subsatgas Bidang Penampungan, Subsatgas Bidang Pengamanan, Subsatgas Bidang Pengawasan, Subsatgas Bidang Kerjasama Internasional, Subsatgas Notifikasi, Deportasi dan Pemulangan Sukarela, Dan Subsatgas Kebutuhan Dasar Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan.

Dalam penjelasannya, Deputi Bidkor Kamtibmas selaku Ketua Satgas menyatakan bahwa latar belakang pembentukan Satgas adalah karena permasalahan pengungsi dari luar negeri di Indonesia perlu mendapatkan perhatian lebih luas karena tidak adanya instansi yang secara khusus menanganani permasalahan pengungsi dari luar negeri di Indonesia. Selain itu permasalahan pengungsi dari luar negeri di Indonesia juga mendapatkan perhatian dari dunia internasional.

Dalam pelaksanaan rapat tersebut juga diinformasikan bahwa MoU Data Sharing antara Pemerintah Indonesia dengan UNHCR akan segera di tanda tangan yang bermanfaat dalam verifikasi data pengungsi. Untuk itu Kemenlu agar membuat nota diplomatik kepada kantor Regional UNHCR terkait kejadian kejadian pengungsi,

Selain itu Deputi Bidkoor Kamtibmas juga menekankan kepada Pemda untuk mengimplementasikan SE Mendagri untuk penegasan adanya Surat Edaran dan perlu di ikutkan DitJen Anggaran Daerah.

Dalam rapat juga dibahas mengenai peningkatan optimalisasi penanganan pengungsi di bidang imigrasi, pengamanan, penemuan, penegakan hukum, dan pemenuhan kebutuhan dasar.

Kedepannya, Deputi Bidkoor Kamtibmas rencananya akan mengagendakan Rapat tingkat Menteri untuk membahas permasalahan ini, dan agar setiap Subsatgas agar melakukan konsolidasi apa yang akan direncanakan dan harus dilakukan dengan lebih spesifik, teknis dan taktis.

ESP, 16/8/2019

 

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel